selamat membaca :) semoga bermanfaat dan bisa menjadi fantasi ENJOY!!!

Senin, 02 Desember 2013

Audio & Agent



AUDIO
Audio dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.
Lalu pada awalnya computer tidak memiliki output yang berupa bunyi, dan bunyi pada komputer berfungsi untuk mengindikasikan kesalahan seperti bunyi beep.Sekarang output bunyi bisa mengindikasikan semua suara yang ada di sekeliling manusia.Piranti yang di gunakan untuk mengeluarkan bunyi adalah speaker.
Speaker berfungsi untuk menampilkan aneka suara seperti bunyi bel alarm, bel , musik, suara manusia dan sebagai nya yang dapat di atur melalui program output ini banyak kita jumpai pada program permainan dan program aplikasi multimedia.Output suara manusia lewat speaker dapat di golongkan dalam speech coding yaitu suara manusia yang di rekam di computer dan di keluarkan kembali.
Saat ini manusia dapat melaukan interaksi dengan manusia lain yang ada dibelahan mana pun, dengan mengguinakan program yang di rancang khusus untuk hal itu seperti chat room with voice, coverensi video dll.
Dan apabila mendengar kata Audio yang langsung terlintas dipikiran kita adalah sesuatu yang dapat didengar. Sesuatu yang berhubungan dengan pendengaran. Komunikasi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya melalui audio. Seperti yang tadi saya katakan audio berupa pendengaran. Seperti pemberian informasi melalui radio. Sedangkan cara lainya adalah audio-visual, misalnya pemberian informasi melalui televisi. Audio dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Speech dan non-Speech.
Selain Audio non-Speech juga ada Audio Speech, perbedaanya yaitu :
a.  Audio Speech : Serial dan user harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga membutuhkan waktu yang panjang.
b.  Audio Non-speech : Dapat diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek, bersifat universal

Penggunaan Audio non-Speech
Dalam bahasa Speech berarti omongan dengan menggunakan bahasa. Non-Speech yang dimaksud berarti interaksi dengan menggunakan tanda seperti siulan atau nada tertentu yang bersifat universal.
Ketidakjelasan satu mode dapat dipecahkan dengan mengunakan informasi yang ditampilkan melalui media lain. Misalnya speech recognition system juga menggunakan kamera untuk merekam gerakan bibir. Kata-kata yang tidak jelas atau frase datap dipecahkan lebih akurat dengan menggunakan informasi visual.
Audio non-Speech biasa digunakan dalam beberapa kepentingan, yaitu :
·         Peringatan (Warning, alert, status message)
·         Peripheral Awarness
·         Sonifikasi
·         Navigasi
      
Warning, Alert, Status Message
Salah satu penggunaan non-Speech audio adalah untuk peringatan atau pengingat suatu pesan. Warning / alert / peringatan, dan Status Message / pemberitahuan pesan, tanpa sadar sebenarnya itu adalah penggunaan dari non-Speech audio. Contoh pada saat batere handphone kita hampir habis ada Alert atau peringatan agar kita mengisi ulang batere handphone kita, biasanya akan memberikan peringatan berupa suatu bunyi seperti “tuuuut” dan sebagainya. Atau apabila kita berada di daerah rawan bencana, seperti pantai. Apabila terjadi gempa yang berpotensi tsunami akan memberikan Warning dengan bunyi sirene bahaya. Dan juga Status Message. Apabila kita sedang melakukan obrolan (Chatting) bila ada pesan yang masuk biasanya akan memberikan peringatan status message berupa nada seperti (Tinuuuuuuuung......).
    
Peripheral Awarness
The polling dan strategi mengingatkan memanfaatkan fokus kami perhatian, tetapi strategi ketiga mengambil keuntungan dari kami kemampuan bawaan untuk tetap menyadari hal-hal di pinggiran kami. Strategi, kesadaran perifer, bekerja dengan mengisi pengguna '
perifer perhatian dengan informasi sedemikian rupa sehingga menyelubungi mereka tanpa mengganggu mereka. Dengan metode ini, tujuan adalah untuk menyajikan informasi tersebut bahwa ia bekerja jalan ke pengguna pikiran tanpa gangguan disengaja.
Janji kesadaran perifer telah menyebabkan beberapa interface dan studi. Beberapa penelitian telah difokuskan pada kami kemampuan untuk tetap menyadari hal-hal menggunakan audio perifer, namun sebagian besar sistem telah berfokus pada penggunaan
perifer visi atau campuran visual perifer dan audio isyarat.
Salah satu kelas display, menampilkan kesadaran lingkungan, Taktik informasi embedding ke sekitarnya pengguna lingkungan, seringkali tanpa menggunakan komputer standar layar. Mungkin contoh yang paling terkenal dari ambient layar kesadaran adalah string Weiser yang terus memutar-mutar orang sadar lalu lintas jaringan. Lebih baru kerja
termasuk perkolator Informasi, yang memanfaatkan air tabung dan gelembung untuk menampilkan informasi, dan ambientROOM proyek, yang telah meneliti berbagai cara.
Interface Kesadaran juga dapat memanfaatkan lebih tradisional layar-layar sekunder. Bahkan, kadang-kadang layar kedua hanya dapat monitor lain terhubung ke komputer yang sama. Ketika mempelajari orang-orang yang menggunakan komputer dengan beberapa monitor, Grudin menemukan bahwa sering menampilkan kedua tidak diperlakukan sebagai ruang kerja lebih banyak, namun sebagai daerah di mana informasi penting bisa ditampilkan
perifer.

Beberapa proyek juga telah memeriksa antarmuka untuk memberikan kesadaran informasi pada layar utama pengguna. Meskipun jenis interface yang lebih luas
diakses daripada sistem yang memerlukan display sekunder, ada masalah yang jelas layar yang berharga pengguna memakan 'real estate. Para peneliti telah mendekati masalah ini dalam berbagai cara. Beberapa studi telah meneliti penggunaan
tickers dan fader, yang memiliki keuntungan untuk dapat untuk memutar melalui banyak informasi tanpa mengambil banyak ruang. Tentu saja, kelemahan yang jelas adalah bahwa tickers dan faders antarmuka visual dinamis, dan dengan demikian telah ada beberapa perdebatan tentang bagaimana mengganggu mereka.

       Pendekatan lain adalah untuk menggunakan antarmuka yang lembut dicampur ke dalam latar belakang apa pun yang saat ini di layar. Masih teknik lain telah terlibat hanya menciptakan sebuah aplikasi yang tidak menjamin bahwa itu selalu terlihat, tapi itu selalu berjalan dan tersedia di desktop.

Sonifikasi
Sonifikasi adalah penggunaan suara berisik atau keras untuk menyampaikan informasi. Seorang ilmuwan Jerman berhasil membuat kursi ”ajaib” yang bisa bersuara agar dapat memberitahukan kepada orang yang duduk bahwa mereka harus bergerak memperbaiki posisinya. Risto Kolva menemukan ”Kursi Intelli” setelah mengadakan penelitian tentang sonifikasi. Sonifikasi adalah penggunaan suara berisik untuk menyampaikan informasi. Riset dilakukan Risto bersama mitranya dari Universitas Bielefeld, Jerman. ”Empat sensor di kursi dan empat lagi di belakangan kursi dapat mendeteksi bagaimana orang duduk di kursi itu,” kata Kolva. Data dikirim ke komputer melalui Bluetooth. Jika kursi tersebut mendeteksi orang yang duduk salah posisi atau duduk terlalu lama, kursi itu akan bersuara untuk memberitahukan agar orang yang duduk mengubah posisinya.
Ahli komputer Thomas Hermann mengatakan, Kursi Intelli dibuat di antaranya untuk penggunaan di rumah dan kantor. ”Dapat juga digunakan di ruang sekolah untuk mengoptimalkan aliran pekerjaan dengan menentukan apakah pekerja harus beristirahat,” ujar Hermann yang berusia 40 tahun itu.(kompas.com)



Navigasi

Apabila kita mendengar kata Navigasi yang pasti kita ketahui adalah petunjuk jalan. Ada banyak tipe navigasi, dari navigasi visual seperti maps, GPS. Sampai Navigasi berupa Audio.
            Banyak tipe navigasi audio, dari navigasi speech sampai yang non-speech. Speech contohnya GPS dengan menggunakan sistem suara, jadi pengendara tidak perlu melihat ke arah smartphone untuk mengetahui arah, cukup smartphone anda memberitahukan harus belok pada belokan ke berapa untuk sampai ditujuan anda.
            Ada juga yang non-speech. Yang non-speech contohnya navigasi atau pengarah saat mobil kita parkir mundur. Dibagian belakang mobil terdapat sensor yang memberitahukan jarak dari mobil sampai benda terdekat dengan bagian belakang mobil kita. Biasanya berbunyi satu nada misalnya “tu..uuut” apabila mobil makin dekat dengan benda bagian belakang. Sensor akan berbunyi makin panjang.





Agent
Agent adalah Agents adalah segala sesuatu yang dapat melihat/ mengartikan/ mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators).
Agent dikatakan autonomous, jika perilakunya ditentukan oleh pengalamannya sendiri (dengan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi).
Agents di bagi menjadi dua yaitu :
1.      Direct agent adalah user langsung memberikan tindakan dan langsung mengeluarkan hasilnya
2.      Indirect agent adalah hasil yang diberikan berasala dari kerja sama antara computer dan manusia.
Lingkungan dalam agent :
1.      Manusia sebagai agent : mata, telinga dan organ lainnya sebagai sensors;tangan, kaki, mulut dan bagian tubuh lainnya sebagai actuators
2.      Robot sebagai agent : kamera dan pejejak infra merah sebagai sensors;berbagai motor pengerak sebagai actuators
3.      Software sebagai agent : tekanan pada keyboard, isi file dan paket-paketpada jaringan sebagai masukan sensors; tampilan pada layar, penulisan filedan pengiriman paket jaringan sebagai keluaran actuators
Manfaat agent pada kehidupan manusia :
1.      Aplikasinya semi otonom agent -> Program-program diprioritaskan untuk bagaimana agent harus melakukannya dalam melayani user
2.      Berbasis pengetahuan -> Memberikan pengetahuan secara antarmukan untuk agent dan user
3.      Ilmu yang didapat ->  Memberikan sedikit pelajaran bagi agent, bagaimana user menggunakannya dan berperilaku
Contoh :
Agent: Sistem Diagnosis Medis
• Performance measure         : Kesembuhan pasien, biaya minim, sengketa
• Environment                                    : Pasien, pegawai rumah sakit
• Actuators                              : Layar monitor (pertanyaan, test, perawatan, rujukan)
• Sensors                                 : Keyboard (gejala, temuan, pertanyaan pasien)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar