selamat membaca :) semoga bermanfaat dan bisa menjadi fantasi ENJOY!!!

Senin, 03 November 2014

Review Jurnal E-Business: Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Kemajuan era informasi mengharuskan perusahaan untuk mengubah mind-set mereka. Perusahaan harus melakukan investasi besar dalam bidang teknologi informasi dan konektivitas jaringan Investasi mereka dalam teknologi informasi terkadang jauh melebihi investasi untuk pabrik dan peralatan. Internet, sebagai bagian dari kemajuan teknologi, secara dramatis telah membentuk ulang pasar dan bisnis. Konsumen di seluruh dunia ter-exposed akan cara hidup dan konsumsi baru dan menginginkan banyak dari hal-hal yang mereka lihat. Pola kehidupan berangsur-angsur mengalami perubahan sejak tercipta teknologi internet. Bisnis pun mulai mengadopsi internet sehingga mendukung terciptanya sistem e-business, ecommerce, e-marketing, e-education dan sebagainya.

Ada beberapa manfaat internet yang utama diantaranya :

(1) kemampuan dan kecepatan dalam komunikasi serta integrasi data dan informasi,

(2) efisiensi biaya komunikasi serta waktu distribusi data dan informasi,

(3) skalabilitas jangkauan jaringan yang mencapai antar pulau bahkan antar benua.

Selain itu, perusahaan juga dapat memetik sejumlah manfaat dari kehadiran teknologi internet diantaranya komunikasi yang intens dengan komunitas konsumen yang pada akhirnya akan dapat membentuk jaringan komunitas konsumen yang loyal dengan produk perusahaan, perusahaan dapat mengintegrasikan sistemnya dengan pemasok atau pihak perbankan kepercayaannya, memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi jarak jauh, serta membuka kesempatan bagi para pebisnis untuk melakukan promosi, baik secara dua dimens maupun video.

Banyak perusahaan di Indonesia sekarang dituntut untuk mempersiapkan diri dengan berbagai perangkat e-business sebagai bagian baru dari pola interaksinya dengan para pelanggannya, pemasoknya, dan bahkan juga dengan karyawannya sendiri. Hal ini sejalan dengan semakin beratnya tantangan persaingan dari luar yang dihadapi perusahaan di Indonesia, terlebih di era perdagangan bebas seperti sekarang. Dalam bidang manufaktur, misalnya, persaingan ketat datang dari Tiongkok, Malaysia, Vietnam, yang dapat membuat produk-produk lebih murah. Produk-produk murah tersebut sulit disaingi karena memang skala eknomi perusahaan-perusahaan yang dari Tiongkok itu lebih baik posisinya dibanding perusahaan di Indonesia. Mereka mempunyai pasar lokal yang begitu besar sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih murah. Untuk itu perusahaan-perusahaan nasional harus meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan penggalangan kekuatan bersama atau kolaborasi. Pemanfaatan e-business merupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan daya saing melalui perolehan efisiensi biaya operasi, kecepatan menjangkau pasar, maupun jangkauan geografis usaha yang lebih luas.

Sumber :

Emilia Widjaja
Fakultas Ekonomi
Unika Soegijapranata, Semarang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar